jump to navigation

Karikatur digital vs karikatur manual March 7, 2010

Posted by fotokuunik in Un-categorized.
trackback

Sebelum muncul software grafis semacam Photoshop, Painter, dll, pembuatan karikatur atau kartun sepenuhnya dilakukan secara manual dengan menggunakan media kertas atau kanvas dengan peralatan gambarnya seperti pensil, cat air dll. Karikatur masa kini telah banyak diolah dan dipadukan dengan sentuhan digital. Berbagai software grafis telah dijadikan andalan bagi seniman karikatur atas dasar efisiensi proses penciptaan seni. Sentuhan digital tidak hanya memudahkan pekerjaan para seniman saja, bahkan orang awam ( bukan seniman) pun memiliki kesempatan untuk belajar menciptakan karya seni karikatur dengan tehniknya sendiri.

digital karikatur

Seniman karikatur manual akan berargumentasi bahwa karyanya lebih bernilai seni & lebih berharga daripada karikatur digital seperti membandingkan sebuah lukisan dengan fotografi. Sebaliknya seniman karikatur yang telah merasakan keuntungan dan kemudahan perangkat karikatur digital akan punya alasan tersendiri kenapa memilih tehnik karikatur digital.

Sesungguhnya meskipun disebut karikatur digital, proses pembuatan karikaturnya memerlukan tehnik manual juga. Goresan yang membentuk wajah, badan dll memerlukan sentuhan manual dengan perangkat yang disebut wacom, yaitu semacam pena gambar yang mentransformasikan goresan tangan kita dari pad wacom ke layar monitor. Pemahaman mengenai anatomi, sikap tubuh, pewarnaan dll tetap menjadi syarat mutlak bagi karikaturis digital. Meskipun teknik dasarnya hampir sama, proses pembuatan karikatur digital bisa dilakukan jauh lebih cepat dan mudah dibandingkan karikatur manual karena software grafis semacam Photoshop menyediakan tool yang sangat lengkap bagi seorang karikaturis. Keuntungan lain adalah, revisi atau perubahan gambar dapat dilakukan berulangkali dengan relatif mudah. Bandingkan saja dengan karikatur manual yang hampir tidak mungkin untuk merubah ekspresi wajah dari menghadap ke kiri menjadi ke kanan. Keuntungan lain dari karikatur digital adalah, hasil akhir dapat dicetak dimedia apapun dengan ukuran berapapun sesuai kebutuhan.

Mengenai kualitas hasil akhir, bukan teknik digital atau manual yang membedakan, tapi kemampuan dari sang karikaturis yang bicara. Ditangan seorang ahli, terlebih apabila karikatur tersebut dicetak di atas kanvas, karikatur digital hampir sulit untuk dibedakan dengan karikatur manual.

Jadi, jika anda seorang konsumen yang membutuhkan jasa karikatur. Anda bisa menentukan sendiri pilihan anda, tetap bertahan pada idealisme karikatur manual yang memakan proses pengerjaan lebih lama, biaya relatif  lebih mahal, dan revisi yang terbatas, atau memilih karikatur digital dengan keuntungan seperti yang saya sebutkan di atas.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: